Senin, 06 Desember 2010

Pengenalan Rumput Laut

Rumput laut (Seaweeds) adalah makroalgae laut dari tumbuhan eukaryotik, tidak memiliki sistem saluran metabolik dan kebanyakan bersel banyak yang memiliki selaput/dinding inti sel. Tumbuhnya kebanyakan dalam berbagai bentuk dan warna di daerah sepanjang pantai, melekat pada batu, koral, pasir, binatang dan tanaman lainnya. Tumbuhan ini memiliki nilai berarti dalam penyediaan habitat dan makanan bagi berbagai binatang laut dan beberapa jenis diantaranya juga memberikan manfaat langsung kepada manusia melalui penggunannya untuk bahan sayuran, obat dan farmasi serta produk fikokoloidnya berupa agar, karaginan dan alginat. Kelompok algae ini umumnya terdiri dari Divisi; Klorofita (Chlorophyta), Faeofita (Phaeophyta) dan Rodofita (Rhodophyta).



Chlorophyta (algae hijau) adalah tumbuhan yang berwarna hijau yang mirip dengan tumbuhan tinggi berdasarkan pigmennya, khlorofil a dan b, karotin dan xantofil. Dinding sel terdiri dari sellulosa dan pektin, dan hasil fotosintesisnya adalah karbohidrat (tepung). Terdapat perkapuran pada beberapa jenis,. Jenis-jenis dari divisi ini adalah makroskopis, filamen, ( benang ), sefon ( bunga karang ) atau bentuk thallus.

Phaeophyta (algae coklat) berwarna coklat karena fukoxantin yang menutupi klorofil a dan c, karotin dan xantofil lainnya. Dinding sel terdiri dari sellulosa dan asam alginik. Hasil makanan cadangan adalah karbohidrat. Jenis dari divisi ini umumnya makroskopis, filamen atau bentuk thallus.

Rhodophyta (algae merah) umumnya warna merah karena adanya protein fikobilin,terutama fikoeritrin, tetapi warnanya bervariasi mulai dari merah ke coklat atau kadang-kadang hijau karena jumlahnya pada setiap pigmen. Dinding sel terdiri dari sellulosa dan gabungan pektik, seperti agar-agar, karaginan dan fursellarin. Hasil makanan cadangannya adalah karbohidrat yang kemerah-merahan. Ada perkapuran di beberapa tempat pada beberapa jenis. Jenis dari divisi ini umumnya makroskopis, filamen, sipon, atau bentuk thallus, beberapa dari mereka bentuknya seperti lumut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar